Welcome To Riz-Blog

Bangkit dari Kegagalan

Setiap manusia pasti pernah merasakan kegagalan , kekecewaan atau sejenisnya. Namun setiap manusia memiliki respon yang berbeda dari peristiwa kegagalannya tersebut. Beda seorang pemenang dan pecundang adalah sikap mereka dalam merespon kegagalan tersebut. Seorang yang pemenang bukanlah orang yang tidak pernah merasakan kegagalan, namun mereka mampu bangkit kembali dari kegagalan tersebut sekaligus menjadikan peristiwa kegagalannya sebagai sebuah pelajaran yang berharga. Mereka mampu mengatasi tekanan berat dari peristiwa kegagalannya tersebut.
Berikut ini beberapa tips untuk mengatasi kegagalan yang kita alami:

1. Mencoba melakukan hal yang positif

Cobalah alihkan pikiran anda dengan menyibukkan diri melakukan hal-hal yang positif. Misalnya menyapu halaman rumah, menyiram tanaman di kebun, membaca buku-buku yang menarik, dan lain sebagainya. Lakukan tindakan dimana anda adalah penguasa hidup anda.

Lakukan sesuatu yang berharga untuk orang lain. Bantulah orang lain. Layanilah orang lain. Kemudian lihatlah bagaimana anda bisa bermanfaat dan dapat menolong orang lain. Setelah itu berpikir dan merenunglah sejenak betapa anda mampu memberikan banyak manfaat dan dapat menolong banyak orang, sekarang waktunya anda menolong DIRI ANDA!

2. Kegagalan itu untuk di terima dan diakui

Tidak perlu mencari kambing hitam untuk disalahkan sebagai penyebab kegagalan. Masa lalu, situasi , lingkungan atau orang tua bukanlah faktor2 penyebab dominan dari kegagalan (kecil kemungkinan terjadi) . Kita sendirilah yg bertanggung jawab atas setiap kegagalan yang terjadi . Menyalahkan situasi atau orang lain hanyalah usaha untuk melarikan diri dari kenyataan. Langkah yang paling bijak adalah menerimanya sebagai kenyataan dan kita harus mengakui kegagalan2 tersebut. Hanya dengan mengakui dan menerimanya, beban akibat kegagalan akan terasa lebih ringan dan kita akan segera siap untuk meninggalkan kegagalan.

3. Kegagalan bukanlah alasan untuk berhenti

Adakah bayi yang langsung bisa berjalan dengan normal? Setiap bayi pernah merasakan jatuh ketika belajar berjalan. Yang membuat bayi pada akhirnya bisa berjalan normal adalah kegigihannya untuk tidak pernah berhenti mencoba berjalan kendatipun seringkali tersungkur. Jadikanlah diri anda layaknya seorang bayi yang baru belajar berjalan, jatuh / gagal adalah proses pembelajaran sampai anda benar-benar berhasil. Yang terpenting bukan berapa kali kita jatuh melainkan seberapa kuat mental kita untuk kemudian bangkit kembali setelah kejatuhan tersebut.

4. Kegagalan merupakan pelajaran yang berharga

Orang bijak mengatakan, ‘Kegagalan adalah pelajaran yang paling berharga’.
Maka jangan cuma menyesali dan meratapinya, belajarlah dari kegagalan-kegagalan yang anda alami. Pelajari mengapa anda sampai gagal. Sehingga di lain waktu anda bisa lebih hati-hati dalam setiap tindakan. Dan kegagalan yang lalu tidak akan terulang lagi pada diri anda. Konon keledai yg terkenal dungu itu tidak pernah jatuh untuk kedua kali kedalam lubang yg sama. Apalagi manusia yg dikaruniai kemapuan untuk belajar . Kita bisa menrik pelajaran dari setiap kegagalan yg kita alami.Seorang bussinesman yang gagal ketika memulai usaha bisa belajar dan mengevaluasi kegagalannya. Seorang pembalap yang kalah bisa belajar dari kekalahannya sehingga ketika balapan berikutnya bisa mengalami kemenangan. Maka kita pun bisa belajar dari kegagalan yang dialami untuk kemudian dijadikan pelajaran supaya tidak terulang.


Kesimpulannya: jangan sekalipun anda menyerah oleh kegagalan!! kesuksesan mungkin tidak akan diperoleh dengan sekali perjuangan, namun merupakan rangkaian kerja keras, pembelajaran dan usaha terus menerus. Sukses bukan hanya faktor kemampuan semata, lebih dari itu keuletan dan kesabaran merupakan faktor yang paling dominan. so... tetap semangat dan jangan lupa tetaplah bertawakal pada ALLAH SWT.

2 comment:

Pujiantoro | 12 Januari, 2010

ngeri kotak pencarinya,hehe

pengembara | 13 Juli, 2012

tapi kalau menurut saya simple aja...kegagalan adlh awal dari kesuksesan

Penilaian Kamu Tentang Blog Saya..?

Riz-Blog

, ,